Kamis, 14 September 2017

JOKOWI SINGGUNG RUWETNYA SPJ SRI MULYANI ANGKAT BICARA

Jokowi Singgung Ruwetnya SPJ, Sri Mulyani: Pemda Belum Berubah

\Jokowi Singgung Ruwetnya SPJ, Sri Mulyani: Pemda Belum Berubah\
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) di hadapan Menteri Keuangan Sri Mulyani pada hari ini kembali menyinggung banyaknya surat pertanggungjawaban (SPJ) yang harus diselesaikan hingga ke tingkat daerah. Bahkan, terdapat lebih dari 100 laporan yang harus diselesaikan karena beranak-pinak dari laporan induk.
Menanggapi hal ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, simplifikasi atau penyederhanaan sebenarnya telah dilakukan oleh pemerintah pusat. Beberapa Kementerian seperti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, Kementerian Pertanian, dan Kementerian Kesehatan telah melakukan penyederhanaan terkait laporan pertanggungjawaban sesuai perubahan peraturan Menteri Keuangan untuk mengubah menjadi 2 laporan sesuai permintaan dari Jokowi.
"Tadinya adanya sampai 44 lalu beranak jadi juklak (petunjuk pelaksanaan), juknis (petunjuk teknis) bahkan frekuensi laporan bisa sampai 18, kemudian tiap bulan dan minggu," kata Sri Mulyani di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (14/9/2017).
Bahkan, Sri Mulyani telah meminta Direktorat Jenderal Perbendaharaan untuk mempersiapkan sistem IT dalam hal pelaporan keuangan. Dengan begitu, nantinya pemerintah daerah nantinya tak lagi perlu menulis format laporan untuk setiap tahunnya.
Hanya saja, kendala terdapat pada sistem laporan keuangan yang menggunakan anggaran daerah atau APBD. Pemda pun belum melakukan perubahan pada petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan dari laporan setiap dana yang digunakan.
Baca juga: Alhamdulillah! Menteri Bambang: Pola Indonesia Kurangi Kemiskinan Sudah Baik
"Jadi yang Pemda itu juklak, juknis, masih belum berubah. Mereka masih jumlahnya banyak, ujarnya.
Nantinya, Sri Mulyani akan bekerjasama dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur. Pembicaraan juga akan dilakukan dengan Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo terkait pelaporan keuangan yang berorientasi hasil.
"Mungkin kita akan lakukan reformasi anggaran secara betul-betul terstruktur, sehingga yang disampaikan presiden berkali-kali, setahap bisa dilakukan," ungkapnya.
Sumber :http://economy.okezone.com/read/2017/09/14/320/1775955/jokowi-singgung-ruwetnya-spj-sri-mulyani-pemda-belum-berubah?utm_source=wp&utm_medium=box&utm_campaign=breaking28

Tidak ada komentar:

Posting Komentar